Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut

 

LK-2. Jurnal Refleksi PPL PPG Daljab

Pada tugas ini Anda diminta untuk menuliskan jurnal refleksi terhadap pembelajaran sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan dan setelah mengikuti Pendalaman Materi dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Sila ikuti langkah berikut ini untuk membantu Anda dalam menuliskan jurnal refleksi (LK-1).

1.      Pilihlah salah satu pembelajaran yang merupakan rencana aksi yang telah dirancang pada langkah 6 pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.

2.      Deskripsikan setiap kolom dari jurnal refleksi.

3.      Lakukan analisis terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Untuk analisis kegiatan, kaitkan hal-hal yang berjalan dengan baik dan hal-hal yang masih menjadi tantangan saat pembelajaran berlangsung dengan teori yang dipelajari saat pendalaman materi.

Produk refleksi pada PPL PPG Daljab diserahkan sebanyak 1x untuk siklus 1, 1x untuk siklus 2, dan 1x untuk keseluruhan siklus. Jadi total produk refleksi adalah 3 dokumen.

 

Nama Mapel

 Bahasa Indonesia

Tempat Pelaksanaan

SMA Negeri 4 Bantaeng

Waktu Pelaksanaan

Jumat, 26 Januari 2024

Nama Mahasiswa

Muhammad Rusli

Nama Guru Pamong

Rusnah, S.Pd., M.Pd.

Nama Dosen

Dr. Usman, S.Pd., M.Pd.

     I.     Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran

(Apakah topik  dan tujuan yang Anda diajarkan? Inovasi apakah yang Anda lakukan? Mengapa Anda memilih metode tersebut sebagai inovasi pembelajar di kelas Anda?)

Kegiatan PPL aksi 2 yang sudah saya laksanakan di SMA Negeri 4 Bantaeng telah berjalan dengan lancar. Waktu pelaksanaan pada hari Jumat tanggal 26 Januari 2024 pukul 09.00 - 10.30 Wita di kelas XI.9 ruangan Perpustakaan dengan materi memerankan salah satu tokoh drama yang ditonton atau dibaca dengan  tujuan pembelajaran:

4.8.1   Siswa  dapat memerankan salah satu tokoh drama yang ditonton atau dibaca.

 

Dalam melakukan kegiatan pembelajaran model pembelajaran yang saya gunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Dalam pelaksanaannya sintaks pada model pembelajaran tersebut semuanya dapat terlaksana dengan baik. Media yang digunakan berupa tayangan media video film pendek dan deskripsi kartu  yang mampu mengembangankan kemampuan berpikir kritis siswa serta memberikan motivasi dalam pembelajaran, dengan metode tersebut siswa secara aktif mampu memerankan salah satu tokoh drama yang ditonton atau dibaca, mereka antusias karena pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak monoton yang hanya fokus pada guru dan efek dominannya mampu memerankan tokoh drama sesuai waktu yang ditentukan.

  II.     Hal Baik/Manfaat dari Inovasi Pembelajaran

(Hal-hal baik/manfaat apakah yang dirasakan oleh Anda dan siswa/i Anda saat inovasi pembelajaran berlangsung? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi)

Menggunakan model pembelajaran CTL efektif digunakan karena mampu melatih, memotivasi siswa dengan melibatkannya di dalam pembelajaran, menyediakan kesempatan pembelajaran berbagai disiplin ilmu, membuat keterkaitan hidup diluar sekolah,menyediakan peluang unik karena pendidik membangun hubungan dengan peserta didik sebagai fasilitator menyediakan kesempatan untuk membangun hubungan dengan komunitas yang besar, membuat peserta didik lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang ada.

Hasil evaluasi dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL  menunjukan siswa yang jauh melewati nilai minimum sebanyak 20 orang siswa dan 6 orang siswa berada pada nilai minimum. Siswa terlihat antusias dengan media pembelajaran  yang digunakan oleh guru.

Dengan menggunakan media pembelajaran video film pendek dan deskripsi kartu  yang disimak dan dilakukan pada saat pembelajaran ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Siswa terlihat aktif pada kegiatan diskusi dan kegiatan inti menulis dan memerankan naskah drama. Mereka dapat dengan percaya diri bertanya dan mengeluarkan pendapatnya dan mengerjakan tugas. Kegiatan memerankan drama dengan video film pendek dan deskripsi kartu ini juga mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa meningkat.

III.     Tantangan/Masalah yang Dihadapi dari Inovasi Pembelajaran

(Tantangan/masalah apakah yang Anda hadapi saat inovasi diimplementasikan pada pembelajaran? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi)

Tantangan yang ditemukan saat inovasi diimplementasikan

 Kelemahan dalam metode pembelajaran ini membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk, membutuhkan biaya yang cukup, serta membutuhkan guru yang terampil dan mau belajar. Membutuhkan fasilitas, peralatan dan bahan memadai. Metode ini juga tidak sesuai siswa yang mudah menyerah dan tidak memiliki pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan dan kesulitan melibatkan semua siswa dalam kerja kelompok.

Oleh karena itu, kita sebagai guru harus terus memberi semangat dan motivasi kepada siswa bahwa jangan takut salah dalam mengonstruksi teks cerpen persoalan benar atau salah dalam menulis sebuah karya sastra itu persoalan yang bisa diremedialkan.

IV.     Solusi Pemecahan Masalah

(Adakah solusi yang Anda lakukan untuk memecahkan masalah yang hadapi pada penerapan inovasi pembelajaran? Apakah berjalan lebih baik? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada  MK Pendalaman Materi)

Solusi yang saya lakukan

    Mempersiapkan siswa belajar dengan menyenangkan tidak memberi tekanan berlebihan agar berani dalam memerankan drama, termasuk latihan olah vocal dan Latihan olah tubuh.

    Melakukan remedial

    Menata kembali ruang kelas sehingga terlihat nyaman dan leluasa

    Mengecek kembali peralatan sehingga tidak terjadi kesalahan teknis

   V.    Rencana Tindak Lanjut

(Apakah rencana tindak lanjut (RTL) untuk menjadikan inovasi pembelajaran Anda berjalan lebih baik ke depannya?)

  Mulai membiasakan menggunakan media berbasis ICT dan media pembelajaran konkret dalam pembelajaran.

  Terus berinovasi dalam menentukan dan mengembangkan media pembelajaran  menarik yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

  Menggunakan model pembelajaran inovatif lainnya yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan karakteristik muatan pelajaran.

  Melakukan remedial untuk  yang belum tuntas dalam mengerjakan soal evaluasi.

  Melakukan pengayaan kepada siswa  yang telah tuntas dengan memberikan soal yang tingkat kesukarannya lebih agar dapat mengasah kamampuan berpikir.

  Mengatur penataan tempat duduk agar aktivitas semua siswa  dapat  terlihat.

  Berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki kekurangan pada praktek     kali ini dan melakukan koordinasi dengan kepala sekolah serta teman sejawat           untuk mendapatkan masukan dan saran.

Daftar Pustaka

https://www.studocu.com/id/document/universitas-swadaya-gunung-jati/pendidikan-profesi-guru/lk-2-jurnal-refleksi-ppl-ppg-daljab-nuraini/73139925

https://drive.google.com/drive/folders/1Tk38wChw5kXswMsHKfscRvUU_vFy4FNx?usp=sharing

 

Bantaeng, 26 Januari 2024

Dibuat oleh                                                                             Disetujui oleh



(Muhammad Rusli)                                                               (Husnah, S.Pd., M.Pd)

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Selamat! Paskibra SMA Negeri 4 Bantaeng Meloloskan 24 Orang di Tingkat Kabupaten dan 1 Orang di tingkat Provinsi

Keren !!! Siswa SMA Negeri 4 Bantaeng Menjadi Delegasi Sulawesi Selatan pada Forum Pelajar Indonesia ke - 13 di Jakarta

Ekskul Refleksi SMA Negeri 4 Banteng Got Talent Bersastra di Buka Pengawas Bina